Hasil wawancara saya dengan seorang pemilik usaha Warung Internet (Warnet) yang boleh dibilang, sangat sukses, jika dilihat dari perkembangan pesat yang terjadi dalam usaha ini, sejak pertama kali terbentuk, hingga sekarang.
Bpk. H. Adi. dan Ibu Hj. Nur. Ya, mereka adalah pemilik warung internet.
Berikut adalah kesimpulan hasil pengamatan dan wawancara saya dengan kedua pasangan suami istri tersebut.
Biodata
Nama suami: Bapak H. Adi
Nama isteri: Ibu Hj. Nur
Ttl suami: Bogor, 22 Februari 1969
Ttl isteri: Jakarta, 01 May 1974
Agama: Islam
Pendidikan: SMK
Detail Usaha
Jenis Usaha: Usaha Kecil Menengah
Bentuk Usaha: Warung Internet
Nama Usaha: Joy-Net
Lokasi Usaha: Citra Indah, Bogor.
Waktu: 24 Jam
Didirikan : 28-September-2008
Pada Game Online & Warnet, Tersedia Tarif sbb:
1. Personal (1 jam) Rp. 3000,-
2. Tarif Voucher Member :
a. Paket jam 7 malam sampai 6 Pagi (11 Jam) Rp. 20.000,- Sekali Habis.
b. Paket jam 9 malam sampai 5 Pagi (8 Jam) Rp. 15.000,- Sisa Account Bisa dipakai Lagi.
c. Paket Jam 8 malam sampai 6 Pagi (10 jam) Rp. 25.000,- Sekali Habis.
d. Paket 4 Jam (Login Jamnya bebas) Rp. 5.000,- Sekali Habis
e. Paket 4 Jam (Login Jamnya bebas) Rp. 6.000,- Sisa Account Bisa dipakai Lagi
f. Paket 10 Jam (Login Jamnya bebas) Rp. 15.000,- Sekali Habis
g. Paket 10 Jam (Login Jamnya bebas) Rp. 20.000,- Sisa Account Bisa dipakai Lagi.
Pelayanan lain:
1. Dalam Warnet tersebut di sediakan makanan dan minuman
Dengan Harga sbb:
Makanan Minuman
Nasi goreng : Rp.10.000,- AQUA Botol : Rp.3.500,-
Mie Instan : Rp.3.500,- AQUA gelas : Rp.500,-
Mie+Telor : Rp.6.000,- Teh gelas : Rp.1.000
Mie+Nasi : Rp.4.500,- Kopi : Rp.2.500
Dll.
2. Jasa Pengetikan, untuk 1 lembarnya di kenakan biaya Rp.2.500 (sudah termasuk print)
3. Jasa Printer,
- hanya print hitam putih tarif antara Rp.750- Rp.1.000 per lembar
- hanya Print Color mulai Rp.1000 - 5000 per lembar
4. Setting Grafis dengan tarif Rp.15.000
(tarif bisa disesuaikan)
A. Investasi Usaha Warnet
Pengadaan komputer client 10 unit @ Rp. 3.950.000,- = Rp. 39.500.000,-
Pengadaan komputer server 1 unit @ Rp. 4.000.000,- = Rp. 4.000.000,-
Pengadaan jaringan Interrnet = Rp. 2.000.000,-
Pengadaan meja komputer 10 unit client dan 1 server = Rp. 3.700.000,-
Renovasi tempat = Rp. 4.000.000,-
Printer = Rp. 800.000,-
AC @2xRp.2.279.000 = Rp.4.558.000,-
Kompor Gas 2 Tungku = Rp.230.000,-
Gas 12kg = Rp.260.000,-
Untuk bahan-bahan makanan dan minuman = ± Rp. 300.000,-
Jumlah total investasi = Rp.59.348.000,-
B. Biaya Operasional (perbulan)
Sewa Internet +Network maintenance = Rp.1.700.000,-
Gaji Karyawan @ 5xRp.800.000 = Rp. 4.000.000
Biaya listrik = ± Rp.750.000,-
Penyusutan komputer 1:36 x Rp. 43.500.000,- = Rp. 1.208.333,-
Penyustan jaringan 1:36 x Rp. 2.000.000,- = Rp. 55.000,-
Penyusutan meja komputer 1:36 x Rp. 3.700.000,- = Rp. 1.027.777,-
Penyusutan printer 1:24 x Rp. 800.000,- = Rp. 33.000,-
AC 1:36 x Rp. 4.558.000,- = Rp.126.611
Refill Gas 12 kg = Rp. 83.000
Promosi = Rp. 200.000,-
Kertas = Rp. 100.000,-
Tinta = Rp. 100.000,-
Bahan-bahan makanan dan minuman = Rp. 300.000,-
Lain-lain/Pemeliharaan = Rp. 100.000,-
Jumlah Biaya Operasional = Rp. 9.683.721,-
C. Pendapatan Usaha
1. Warnet dan Game Online
Asumsi per hari ada 240 orang pengguna dari 10 Unit komputer dan rata-rata warnet beroperasi 24 jam ( 10 orang x 24 jam = 240 orang ) dengan tarif rata-rata Rp. 3.000,- per jam, maka omzet yang diterima:
240 orang @ Rp. 3.000,- = 240 orang x Rp. 3.000,- x 30 hari
= Rp. 21.600.000,- per bulan
(Jika dihitung dari banyaknya yang menggunakan paket personal)
2. Print
Asumsi pendapatan rata-rata print = Rp. 200.000,- per bulan
3. Jasa Pengetikan
Asumsi pendapatan rata-rata = Rp. 50.000,- per bulan
4. Setting Grafis
Asumsi pendapatan rata-rata = Rp. 75.000,- per bulan
5. Makanan dan Minuman
Asumsi pendapatan rata-rata = Rp. 300.000,- per bulan
Total Pendapatan = Rp. 22.225.000,- per bulan
D. Keuntungan Usaha
Keuntungan = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
= Rp. 22.225.000– Rp. 9.683.721
= Rp. 12.541.279,- per bulan
E. Pay Back Priod ( periode kembali modal )
PBP = ( Total Investasi : Keuntungan ) x 1 bulan
= ( Rp. 59.348.000 : Rp. 12.541.279 ) x 1 bulan
= 4,7 bulan
Sejarah perkembangan usaha
Berdirinya Usaha Warung Internet (warnet) yang dimiliki Bapak H. Adi pada bulan September tahun 2008, dengan surat-surat ijin pendirian yang berlaku yang dikeluarkan oleh pihak-pihak yang bersangkutan di Citra Indah, seperti Akte Notaris Pendirian, dan oleh Dinas-dinas terkait.
Warung Internet milik Bapak H. Adi ini didirikan mengingat kebutuhan masyarakat yang sadar akan pentingnya fasilitas internet sebagai suatu kebutuhan. Baik yang digunakan sehari-hari maupun sewaktu-waktu diperlukan.
Warung Internet ini pada awalnya hanya melayani jasa penyewaan internet namun hingga saat akhir ini sudah melayani perbaikan dan jasa yang berhubungan dengan komputer dan internet.
Struktur Karyawan
Struktur ketenagakerjaan yang baik merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan setiap usaha dalam bisnis Warung Internet, struktur organisasi merupakan gambaran dari cara manajemen mengatur sebuah usaha yang bersangkutan.
Struktur organisasi bertujuan untuk menjaga kelancaran aktivitas kerja dalam sebuah usaha aktifitas kerja sehingga tampak jelas pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dalam usaha ini.
Kendala Apa saja yang pernah Bpk H. Adi alami Dalam Menjalankan Bisnis Warung Internet (Warnet)?
Setelah mendirikan usaha bisnis warnet selama 5 Tahun kendala yang dihadapi antara lain :
1. Virus, spyware karena banyaknya pelanggan yang datang membawa flashdisk yang mengandung virus.
2. Pelanggan yang iseng yang suka mengutak-atik komputer
3. Komputer bermasalah
4. Pegawai berbuat curang/tidak jujur dan sulit diatur
5. Biaya listrik tidak terkendali dan biaya peralatan warnet dan komputer membengkak
6. Semakin pesatnya para pesaing atau para pengusaha warnet yang tidak terkendali, terjun di dunia bisnis yang sama (warnet).
Lalu bagaimana cara Bapak mengatasi kendala tersebut ?
Berbagai usaha yang saya lakukan seperti:
1. Meningkatkan mutu karyawannya dibidang teknisi komputer, agar komputer-komputer yang rusak dan terkena virus maka dapat diperbaiki sendiri, yang kemungkinan besar tidak akan mengeluarkan biaya begitu banyak.
2. Saya terus mengontrol perkembangan warnet dan karyawannya jika ada karyawan-karyawan yang tidak jujur dan sulit diatur harus segera ditindaklanjuti dengan memberikan peringatan-peringatan dan teguran-teguran tertentu sesuai dengan kesalahannya.
3. Segera menangani dan menanggapi serta mengatasi masalah-masalah yang mengganggu kenymanan pelanggan, seperti koneksi internet yang lambat banyaknya virus dalam komputer dan tempat duduk atau meja komputer yang kotor dan bau tidak sedap harus segera dibersihkan dan memberi pengharum ruangan, jika ada dinding-dinding yang kotor dan kusam atau karena pudar maka segera di cat dengan warna-warna yang bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi pelanggan.
4. Saya sebagai pemilik harus lebih teliti dalam hal keuangan agar pengeluaran dan pemasukan akan tetap terkendali, terutama dalam biaya-biaya pengeluaran agar tidak terjadinya besar pasak dari pada tiang. Dan pengusaha juga harus mengetahui berapa laba yang diperoleh dan berapa pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya.
5. Dan Saya juga harus memperhatikan kebutuhan karyawannya apapun kepentingan dan kebutuhan yang mereka (karyawan) perlukan namun tetap disesuaikan dengan situasi dan kondisi agar bisa memberi kesejahteran kepada karyawan-karyawan.
Kunci sukses Bpk. H. Adi Membangun Warung Internet (warnet):
1. Keramahan : Faktor utama yang membuat warnet senang dikunjungi konsumen adalah senyuman dan keramahan sang operator, bantulah sebisa mungkin problem, pertanyaan, keluhan konsumen.
Jika pelanggan merasa senang, puas dan merasa dihargai, dijamin mereka akan balik lagi atau malah jadi pelanggan tetap, apalagi jika pelanggan telah menjadi temen anda, dijamin warnet akan menjadi tempat tongkrongan rutin.
2.Tarif : Soal tarif faktor yang utama adalah jangan menaruh harga diatas harga pesaing jika warnet anda tidak memiliki kelebihan dibanding pesaing,
3. Kenyamanan : Kenyamanan salah satu factor yang penting, bagi warnet system kursi pilih lah kursi yang empuk, nyaman, jangan kursi yang keras/plastik/besi dan tidak ada senderan punggungnya, untuk lesehan sediakan bantal untuk senderan dan tidur-tiduran, sirkulasi udara warnet juga harus bagus.
4. Kebersihan: Kebersihan bilik juga salah satu factor yang utama, konsumen akan merasa risih jika bermain sambil ditemani sampah (misal dari pemakai sebelumnya), usahakan setiap konsumen out, warnet di cek dan apabila kotor segeralah dibersihkan, jika perlu sediakan kotak sampah didepan setiap bilik.
5. Konsumsi : Konsumsi sangat berguna untuk menambah pemasukan warnet.
6. Operator Warnet
-Jujur
- Gaya bicaranya ramah (tidak ceplas ceplos), agar tidak mudah menyinggung orang lain & Murah senyum
- Rajin & Biasa Bersih-Bersih
- Paham pada dasar-dasar Troubleshooting Computer & Microsoft Office
7. Lokasi Warnet
8. PC Warnet
9.Waspada pencurian : cek setiap konsumen yang selesai online, waspadai gerak gerik mencurigakan
10. Toilet : Sediakan toilet agar konsumen tidak menahan air kecil atau besar.
11. Ketekunan dan Kesabaran
Pengertian Flowchart (Diagram alir)
Flowchart atau diagram alir adalah sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.
1. Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
2. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
3. Ada 2 macam flowchart:
· System flowchart:
Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
· Program flowchart:
Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
Pengertian dan konsep Data Flow Diagram (DFD)
Apa itu DFD? Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafis dari aliran data melalui sistem informasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk mewakili proses dalam sistem informasi dari sudut pandang data. DFD memungkinkan Anda memvisualisasikan bagaimana sistem beroperasi, apa sistem menyelesaikan dan bagaimana itu akan dilaksanakan, bila disempurnakan dengan spesifikasi lebih lanjut.
Data flow diagram digunakan oleh analis sistem untuk merancang sistem pemrosesan informasi tetapi juga sebagai cara untuk model seluruh organisasi. Anda membangun DFD pada awal pemodelan proses bisnis Anda untuk memodelkan fungsi sistem anda harus melaksanakan dan interaksi antara fungsi-fungsi bersama dengan berfokus pada pertukaran data antara proses. Anda dapat mengaitkan data dengan model data konseptual, logis, dan fisik dan model berorientasi objek.
Ada dua jenis DFD, baik yang mendukung pendekatan top-down untuk analisis sistem, dimana analis mulai dengan mengembangkan pemahaman umum tentang sistem dan secara bertahap memecah komponen keluar ke lebih rinci:
Logical data flow diagrams : adalah implementasi-independen dan menggambarkan sistem, bukan bagaimana kegiatan yang dicapai.
Physical data flow diagrams : adalah implementasi-dependent dan menggambarkan entitas aktual (perangkat, departemen, orang, dsb) yang terlibat dalam sistem saat ini.
Silahkan berkomentar sesuai topik bahasan and no spam, no iklan, no ribut, no live link !
Konversi KodeEmoticon