Peran bank dalam kegiatan ekonomi amatlah sentral, dan mengingat posisi yang demikian pembinaan dan pengawasan yang efektif terhadap setiap aktivitas perbankan sangat diperlukan. Hal ini perlu dilakukan mengingat pembinaan dan pengawasan yang efektif yang didasari oleh gerak yang kokoh dari lembaga perbankan akan membuat perbankan Indonesia mampu bersaing di era global secara efisien, sehat, wajar, dan mampu melindungi dan menyalurkan dana masyarakat secara baik.
Bank sebagai lembaga ekonomi melakukan dua kegiatan pokok, yaitu menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya ke masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lain dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sebagai tempat perputaran uang, bank memiliki kedudukan yang rentan terhadap penyalahgunaan kewenangan, baik oleh pihak bank sendiri maupun oleh pihak luar yang memanfaatkan bank sebagai tempat untuk menyembunyikan hasil kejahatannya.
Begitu banyak kegiatan perbankan yang rentan terhadap kejahatan, menyebabkan pihak bank harus tetap menerapkan salah satu prinsip dalam perbankan, yaitu prinsip kehati-hatian karena semakin berkembang sistem perbankan, di satu sisi, dapat memudahkan nasabah untuk bertransaksi. Namun, di sisi lain, juga bisa memancing modus-modus kejahatan perbankan yang lebih canggih.
Diakui bahwa industri perbankan di Indonesia semakin berkembang pasca collapse akibat krisis ekonomi 1997-1998. Perkembangan industri perbankan tersebut meliputi jumlah dana kelolaan, jangkauan ke masyarakat, juga produk-produk perbankan dan turunannya.
Perkembangan tersebut ternyata diiringi dengan modus kejahatan yang juga semakin bervariasi. Head of Halo BCA Wani Sabu, yang merupakan contact person terbaik se-Asia Pasifik memaparkan lima modus kejahatan paling populer dialami oleh nasabah perbankan, tidak hanya BCA, juga bank-bank lain.
Berikut ini adalah 5 modus Kejahatan Perbankan yang sering digunakan oleh pelaku kejahatan perbankan:
1. Kartu ditahan di mesin ATM
Modus ini menggunakan mesin ATM di mana penjahat memasukkan lidi ke dalam mesin ATM, sehingga kartu nasabah tidak bisa mencapai tombol di dalam ATM dan melakukan transaksi. Dengan demikian, kartu ATM nasabah tidak bisa keluar.
Tidak berhenti sampai di situ, penjahat juga memasang sticker nomor call centre palsu dari bank tersebut. Dengan harapan ketika kartu ATM nasabah terjebak di dalam mesin ATM, nasabah panik dan menghubungi call centre palsu yang sebenarnya merupakan nomor milik si penjahat tersebut.
Ketika nasabah menghubungi nomor palsu, dengan mudah si penjahat menuntun nasabah untuk menyebutkan nomor kartu dan nomor PIN ATM. “Call Centre bank yang asli tidak pernah meminta nomor PIN ATM nasabah. Modus ini biasanya berupa kelompok dengan 3-5 anggota,” tegas Wani.
Modus seperti ini biasanya terjadi di Supermarket dengan target ibu-ibu rumah tangga, dan rumah sakit. “Tipsnya harus ingat call centre bank masing-masing,”.
2. Penipuan Facebook
Modus penipuan melalui sosial media memang sering terjadi. Penjahat umumnya melakukan pendekatan personal. “Hati-hati kalau ada orang tidak dikenal minta kenalan lewat Facebook.Salah satu nasabah kami kena penipuan melalui Facebook sampai Rp 1 miliar. Waktu itu sampai Polda Metro Jaya yang mengendalikan Facebook-nya untuk menangkap penjahatnya,”.
Modus melalui Facebook ini terbilang unik. Penipuan dilakukan melalui pendekatan personal. Biasanya sang penipu membuat akun palsu yang berupa perempuan atau laki-laki cantik. Melalui akun tersebut, sang penipu melancarkan aksinya untuk meminta sejumlah uang kepada target.
Sasarannya adalah perempuan atau laki-laki yang kesepian dan membutuhkan teman intim. Kasus penipuan model ini membutuhkan waktu tambahan. Bahkan, penipuan hingga Rp 1 miliar merupakan kasus terlama yang pernah dia tangani.
3. Rekening fiktif lewat SMS
Diakui bahwa industri perbankan di Indonesia semakin berkembang pasca collapse akibat krisis ekonomi 1997-1998. Perkembangan industri perbankan tersebut meliputi jumlah dana kelolaan, jangkauan ke masyarakat, juga produk-produk perbankan dan turunannya.
Perkembangan tersebut ternyata diiringi dengan modus kejahatan yang juga semakin bervariasi. Head of Halo BCA Wani Sabu, yang merupakan contact person terbaik se-Asia Pasifik memaparkan lima modus kejahatan paling populer dialami oleh nasabah perbankan, tidak hanya BCA, juga bank-bank lain.
Berikut ini adalah 5 modus Kejahatan Perbankan yang sering digunakan oleh pelaku kejahatan perbankan:
1. Kartu ditahan di mesin ATM
Modus ini menggunakan mesin ATM di mana penjahat memasukkan lidi ke dalam mesin ATM, sehingga kartu nasabah tidak bisa mencapai tombol di dalam ATM dan melakukan transaksi. Dengan demikian, kartu ATM nasabah tidak bisa keluar.
Tidak berhenti sampai di situ, penjahat juga memasang sticker nomor call centre palsu dari bank tersebut. Dengan harapan ketika kartu ATM nasabah terjebak di dalam mesin ATM, nasabah panik dan menghubungi call centre palsu yang sebenarnya merupakan nomor milik si penjahat tersebut.
Ketika nasabah menghubungi nomor palsu, dengan mudah si penjahat menuntun nasabah untuk menyebutkan nomor kartu dan nomor PIN ATM. “Call Centre bank yang asli tidak pernah meminta nomor PIN ATM nasabah. Modus ini biasanya berupa kelompok dengan 3-5 anggota,” tegas Wani.
Modus seperti ini biasanya terjadi di Supermarket dengan target ibu-ibu rumah tangga, dan rumah sakit. “Tipsnya harus ingat call centre bank masing-masing,”.
2. Penipuan Facebook
Modus penipuan melalui sosial media memang sering terjadi. Penjahat umumnya melakukan pendekatan personal. “Hati-hati kalau ada orang tidak dikenal minta kenalan lewat Facebook.Salah satu nasabah kami kena penipuan melalui Facebook sampai Rp 1 miliar. Waktu itu sampai Polda Metro Jaya yang mengendalikan Facebook-nya untuk menangkap penjahatnya,”.
Modus melalui Facebook ini terbilang unik. Penipuan dilakukan melalui pendekatan personal. Biasanya sang penipu membuat akun palsu yang berupa perempuan atau laki-laki cantik. Melalui akun tersebut, sang penipu melancarkan aksinya untuk meminta sejumlah uang kepada target.
Sasarannya adalah perempuan atau laki-laki yang kesepian dan membutuhkan teman intim. Kasus penipuan model ini membutuhkan waktu tambahan. Bahkan, penipuan hingga Rp 1 miliar merupakan kasus terlama yang pernah dia tangani.
3. Rekening fiktif lewat SMS
Penjahat dengan modus ini membuka rekening palsu menggunakan identitas palsu. Kemudian rekening ini digunakan sebagai alat transfer uang. “Biasanya penyebarannya melalui SMS, misalnya ada SMS tolong transfer ke rekening sekian-sekian, biasanya menjelang hari-hari besar yang orang memang perlu transfer untuk melunasi pembayaran tertentu,”.
Cara lain adalah penjahat menghubungi dengan berpura-pura menjadi suami atau anak dari korban mengalami kecelakaan. Kemudian minta transfer agar segera bisa diproses di Rumah Sakit.
“Penjahatnya itu gampang mendapatkan nomor HP, dari penjual HP yang menjual nomor HP, dia cuma lihat kemudian dia merunut angkanya lalu menyebar hingga 1.000 SMS ke berbagai nomor.
4. Skimming EDC (electronic data capture)
Kemudahan pembayaran menggunakan ATM Debit atau Kartu Kredit juga menjadi celah bagi penjahat untuk dapat menguras simpanan nasabah. Targetnya adalah melalui EDC.
“Sekarang sudah jarang skimming melalui ATM, sekarang lebih kepada skimming EDC. Saat melakukan pembayaran menggunakan ATM debit, gunakan dua tangan di mana satu tangan menutupi tangan lain yang menekan tombol-tombol PIN. Kalau membayar menggunakan APMK, pastikan proses pembayaran aman,”.
Modus ini telah dijumpai di kasus gerai Body Shop Indonesia yang tengah diselidiki oleh pihak Bank Indonesia.
5. Melalui mobile banking
Cara lain adalah penjahat menghubungi dengan berpura-pura menjadi suami atau anak dari korban mengalami kecelakaan. Kemudian minta transfer agar segera bisa diproses di Rumah Sakit.
“Penjahatnya itu gampang mendapatkan nomor HP, dari penjual HP yang menjual nomor HP, dia cuma lihat kemudian dia merunut angkanya lalu menyebar hingga 1.000 SMS ke berbagai nomor.
4. Skimming EDC (electronic data capture)
Kemudahan pembayaran menggunakan ATM Debit atau Kartu Kredit juga menjadi celah bagi penjahat untuk dapat menguras simpanan nasabah. Targetnya adalah melalui EDC.
“Sekarang sudah jarang skimming melalui ATM, sekarang lebih kepada skimming EDC. Saat melakukan pembayaran menggunakan ATM debit, gunakan dua tangan di mana satu tangan menutupi tangan lain yang menekan tombol-tombol PIN. Kalau membayar menggunakan APMK, pastikan proses pembayaran aman,”.
Modus ini telah dijumpai di kasus gerai Body Shop Indonesia yang tengah diselidiki oleh pihak Bank Indonesia.
5. Melalui mobile banking
Penjahat menghubungi nasabah dengan modus memenangkan undian. Apabila nasabah percaya, maka langkah berikutnya adalah menggiring nasabah ke Mesin ATM untuk melakukan registrasi penggunaan mobile banking. Namun, penjahat akan menggiring nasabah untuk memasukkan nomor HP milik penjahat tersebut, bukan nomor HP milik nasabah yang bersangkutan. Penjahat juga akan meminta nasabah memasukkan PIN sebagai akses masuk mobile banking.
“Nomor HP milik si penjahat, plus PIN-nya juga, penjahat bebas menguras simpanan nasabah,”.
Daftar Pustaka
http://www.unikdunia.com "modus-kejahatan-perbankan-paling-populer-di-indonesia".
Komentar
Bank sebagai lembaga keuangan memiliki kedudukan yang sentral dalam pembangunan. Mengingat kedudukan yang demikian, pengawasan dan pembinaan secara efektif dan efisien perlu dilakukan agar perbankan Indonesia memiliki tingkat kesehatan yang baik sehingga dapat bersaing pada era global. Kejahatan perbankan merupakan ancaman serius terhadap tingkat kesehatan bank dan sekaligus tingkat kepercayaan masyarakat, oleh karena itu upaya untuk mencegah dan menanggulanginya perlu dilakukan secara dini. Kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan perbankan perlu dilakukan, mengingat karakteristik yang khas pada kegiatan perbankan. Pencegahan dan penanggulangan kejahatan perbankan tak dapat diserahkan hanya kepada salah satu pihak saja dalam penegakan hukum, sehingga bukan hanya penyebab kausatif atau simptomatik yang terselesaikan, akan tetapi penyebab yang bersifat komprehensif dapat di atasi secara bersama-sama.
“Nomor HP milik si penjahat, plus PIN-nya juga, penjahat bebas menguras simpanan nasabah,”.
Daftar Pustaka
http://www.unikdunia.com "modus-kejahatan-perbankan-paling-populer-di-indonesia".
Komentar
Bank sebagai lembaga keuangan memiliki kedudukan yang sentral dalam pembangunan. Mengingat kedudukan yang demikian, pengawasan dan pembinaan secara efektif dan efisien perlu dilakukan agar perbankan Indonesia memiliki tingkat kesehatan yang baik sehingga dapat bersaing pada era global. Kejahatan perbankan merupakan ancaman serius terhadap tingkat kesehatan bank dan sekaligus tingkat kepercayaan masyarakat, oleh karena itu upaya untuk mencegah dan menanggulanginya perlu dilakukan secara dini. Kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan perbankan perlu dilakukan, mengingat karakteristik yang khas pada kegiatan perbankan. Pencegahan dan penanggulangan kejahatan perbankan tak dapat diserahkan hanya kepada salah satu pihak saja dalam penegakan hukum, sehingga bukan hanya penyebab kausatif atau simptomatik yang terselesaikan, akan tetapi penyebab yang bersifat komprehensif dapat di atasi secara bersama-sama.
Silahkan berkomentar sesuai topik bahasan and no spam, no iklan, no ribut, no live link !
Konversi KodeEmoticon